Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan ex post facto. dengan populasi sebanyak 144 orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar dan sampel sebanyak 57 orang siswa yang diambil melalui teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes kemampuan verbal dan tes kemampuan numerik yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan verbal siswa berada dalam kategori sedang, kemampuan numerik siswa berada dalam kategori sedang, dan prestasi belajar siswa berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa: (1) kemampuan verbal dan kemampuan numerik berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika (Y) siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05, atau Fhitung > Ftabel (4,468 > 3,16), koefisien determinasi sebesar 14,2%, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,84 > 0,05, atau thitung < ttabel (0,19 < 2,00), dan (3) kemampuan numerik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05, atau thitung > ttabel (2,98 > 2,00).Kata Kunci: Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Prestasi Belajar Matematika.
Copyrights © 2022