Journal of Disruptive Learning Innovation (JODLI)
Vol 3, No 2 (2022)

The Effect of Augmented Reality-Based Qur'anic Natural Science into Student’s Motivation and Learning Outcomes

Ramadhan, Mochammad Rizal (Unknown)
Fahmi, M. Iqbal Najib (Unknown)
Hasanah, Samudra Mutiara (Unknown)
Rekan, Abd. Aziz bin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Augmented reality-based IPA (QURRACI, disingkat IPA) merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada topik IPA Al-Qur'an dengan menggunakan media. Untuk mengembangkan media digunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Berdasarkan temuan penelitian, media yang dikembangkan berupa buku berbasis smartphone dan berhasil divalidasi relevansinya oleh ahli media, ahli materi, guru, peer reviewer, dan siswa. Secara khusus, validasi mengungkapkan (1) 87,27% untuk relevansi produk; (2) 90,66% untuk materi IPA Al-Qur'an; (3) 82,85% untuk tanggapan peer reviewer dan guru; dan (4) 86,2% untuk respon siswa, khususnya pada materi representasi ganda. Implementasi dilakukan pada 100 siswa, menunjukkan bahwa QURACI berpengaruh positif dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA Al-Qur'an. Selain itu dari penelitian ini, berdasarkan hasil uji coba pretest dan posttest menggunakan analisis paired sample t-test dari 50 siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan ada dengan penerapan QURACI motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran QURACI terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan ada dengan penerapan QURACI motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran QURACI terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan ada dengan penerapan QURACI motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran QURACI terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jodli

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Disruptive Learning Innovation (JODLI): is an academic, open access journal about concepts, phenomena, and new discoveries that create transformative effects in education based on what the community needs of their time based on three research and development groups, namely: (1) Web / ...