Augmented reality-based IPA (QURRACI, disingkat IPA) merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada topik IPA Al-Qur'an dengan menggunakan media. Untuk mengembangkan media digunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Berdasarkan temuan penelitian, media yang dikembangkan berupa buku berbasis smartphone dan berhasil divalidasi relevansinya oleh ahli media, ahli materi, guru, peer reviewer, dan siswa. Secara khusus, validasi mengungkapkan (1) 87,27% untuk relevansi produk; (2) 90,66% untuk materi IPA Al-Qur'an; (3) 82,85% untuk tanggapan peer reviewer dan guru; dan (4) 86,2% untuk respon siswa, khususnya pada materi representasi ganda. Implementasi dilakukan pada 100 siswa, menunjukkan bahwa QURACI berpengaruh positif dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA Al-Qur'an. Selain itu dari penelitian ini, berdasarkan hasil uji coba pretest dan posttest menggunakan analisis paired sample t-test dari 50 siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan ada dengan penerapan QURACI motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran QURACI terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan ada dengan penerapan QURACI motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran QURACI terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan ada dengan penerapan QURACI motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran QURACI terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022