Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 2 No. 3 (2022): Berkala Ilmiah Pendidikan

Analisis Hubungan Hasil Belajar Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Sikap Toleransi Beragama Siswa

Khotim Hanifudin Najib (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
Sahlan Hafidzudin Fikri (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Eka Laila Fitriah (SD Negeri 1 Trimulyo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

<p style="text-align: justify;">Evaluasi hasil belajar afektif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sangat erat kaitannya dengan sikap toleransi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menguji secara empiris hubungan antara hasil belajar afektif pada mata pelajaran PAI dengan sikap toleransi antar umat beragama siswa, serta mengetahui pola hubungan yang terdapat pada kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 110 siswa yang diambil dari siswa kelas XII. Pengambilan sampel diambil dengan teknik simpel random sampling. Independen variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran PAI dengan subvariabel ,minat, sikap, konsep diri, nilai dan moral. Sedangkan dependen variabelnya adalah sikap toleransi antar umat beragama siswa dengan subvariabel mengakui hak setiap orang dan menghargai keyakinan, agree in disagreement, kesadaran dan kejujuran serta jiwa falsafah Pancasila. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, statistik deskriptif untuk mengetahui distribusi frekuensi temuan data dari lapangan. Kedua, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara hasil belajar afektif dengan sikap toleransi antar umat beragama siswa digunakan korelasi Products momen dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada Korelasi/Hubungan yang signifikan antara hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan sikap toleransi antar umat beragama siswa. Besar angka korelasi tersebut adalah 0.314. Hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan arah yang sama. Jadi apabila hasil belajar afektif siswa mengalami kenaikan, maka sikap toleransi antar umat beragama siswa juga akan ikut naik pula, begitu pula sebaliknya, jika hasil belajar afektif mengalami penurunan, maka sikap toleransi siswa pun akan menurun.</p>

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...