Panrita: Jurnal Bahasa dan Sastra Daerah serta Pembelajarannya
Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022

SIKAP BAHASA SISWA KELAS VIII SMPN 1 TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO TERHADAP BAHASA MAKASSAR

Idawati Idawati (Unknown)
Andi Agussalim AJ (Unknown)
Asia M (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto terhadap bahasa Makassar yang terbagi menjadi 3 ciri yaitu (1) kesetiaan  bahasa (2) kebanggaan bahasa dan (3) kesadaran adanya norma  bahasa. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan angket luring. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa sehingga dalam penarikan sampel penelitian menggunakan  total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang yang berjumlah 71 siswa. Teknik analisis data yang digunakan  yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan perhitungan  statistic dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesetiaan bahasa siswa terhadap bahasa Makassar berkategori positif karena secara umum persentase jawaban siswa berada  pada kategori tinggi pada pernyataan positif dengan pilihan alternatif jawaban setuju; (2) kebanggaan bahasa siswa terhadap bahasa Makassar yang berkategori positif karena secara umum presentase jawaban tertinggi siswa pada pernyataan positif ada pada alternatif  jawaban setuju; (3) kesadaran adanya norma bahasa Makassar siswa yang berkategori positif karena secara umum  presentase jawaban tertinggi siswa pada pernyataan  positif ada pada alternatif jawaban setuju.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Panrita-bsdp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Panrita publishes research papers on teaching of Bugis and Makassar languages literature and linguistics Panrita present new things and significance of research for scientific progress in one of the fields of education of the Bugis and Makassar languages published manuscripts This journal accepted ...