:Â Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Bugis Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Johar Amir dan Suarni Syam Saguni. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindaka kelas ini dilakukan dalam bentuk siklus yaitu siklus I, siklus II, dan sikluske-N Setiap siklus tersebut terdiri dari empat tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tiap iklus akan dilakukan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi Bugis pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kab.Sidrap. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII.2 sebagai subjek penelitian dengan berdasarkan pada kurang berhasilnya pembelajaran terutama pada aspek menulis puisi.Â
Copyrights © 2022