Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 4 No 2 (2022)

ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Tsany Sahara Perwitasari (Universitas Trunojoyo)
Mamluatur (Universitas Trunojoyo)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha yang direncanakan dengan tujuan menjadikan pribadi yang lebih baik dan mengembangkan potensi dalam dirinya(Windrawati et al., 2020). Maka dalam hal ini peran keluarga, guru, dan lingkungan sekitar menjadi penting dalam mengatasi kesulitan belajar. Peneleitian ini menggunakan metode deskriptif yang lakukan di SD negeri 01 bungah gresik jawa timur tahun 2022, subjek penelitian ini adalah skil membaca siswa SDN 01 Bungah. Pola pengumpulan data yang di pakai adalah eksplorasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan diketahui bahwa siswa sulit untuk membedakan beberapa huruf yang hampir memiliki kesamaan bentuk seperti “b” “p” dan “d”, siswa mengalami kesulitan dalam membaca kosa kota, mengeja kata perkata dan membaca dengan terbata-bata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat di ketahui penyebab dari peserta didik mengalami kesulitan membaca yaitu kurangnya minat dari peserta didik untuk membaca, kurangnya bimbingan dan perhatian yang diberikan orang tua siswa dalam mengawasi perkembangan dan belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...