Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 4 No 1 (2022): Februari 2022

Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Mahasiswa

Melasani, Aulivia (Unknown)
Handayani, Dwi Asih Kumala (Unknown)
Rahayu, YM Indarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Sejak covid-19 semua pembelajaran dilakukan secara daring, dilakukan dirumah melalui media sosial,pembelajaran daring saat ini masih menjadi solusi selama covid-19 namun memiliki kendala, yaitu perubahan yang terjadi pada mahasiswa, awalnya diterima dengan baik namun berjalannya waktu menimbulkan kejenuhan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan apakah ada pengaruh pembelajaran daring dengan kejenuhan mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Ivet tahun akademik 2020. Populasi dan sampel penelitian ini ialah mahasiswa bimbingan dan konsling ssemester 2 berjumlah 66 mahasiswa. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan SPSS 21, analisa data menggunakan uji deskriptif, product moment dan uji regresi berganda. Hal yang di peroleh pada penelitian ini ialah adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap kejenuhan mahasiswa. Hal ini diketahui berdasarkan hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,544 dan nilai sig sebesar 0,000 artinya terdaapat pengaruh antara pembelajaran daring dengan kejenuhan mahasiswa bk Universitas Ivet tahun akademik 2020, karena nilai p < dari 0,05 (0,000< 0,05), artinya semakin sering dilakukan pembelajaran daring maka semakin rendah kejenuhan mahasiswa. Koefisien regrsi pembelajaran daring sebesar 0,689 artinya jika variable pembelajaran daring naik maka kejenuhan mahasiswa mengalami penurunan . Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap kejenuhan mahasiswa (Y).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...