Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 4 No 1 (2022): Februari 2022

Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas X TAV

Yuliani, Irma (Unknown)
Sayekti, Sri (Unknown)
Rimayati, Elfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku asertif siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media audiovisual, untuk mengetahui perilaku asertif siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media audiovisual, dan Apakah layanan bimbingan kelompok menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan perilaku asertif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design (eksperimen yang betul-betul). Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah random simple sampling atau acak, sampel yang diambil 20 siswa terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, Kelompok eksperimen 10 siswa dan kelompok kontrol 10 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Alat yang digunakan adalah kuesioner atau angket perilaku asertif yang telah diujikan. Dalam analisis presentase pada posttest kelompok eksperimen sebesar 87% termasuk dalam kategori tinggi sedangkan presentase dalam pretest kelompok eksperimen sebesar 75% termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa perilaku asertif siswa kelas eksperimen meningkat setelah dilakukan bimbingan kelompok menggunakan media audiovisual. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan media audiovisual berupa video dapat meningkatkan perilaku asertif siswa SMK Palapa Semarang sesudah diberikan perlakuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...