Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 4 No 1 (2022): Februari 2022

Pengaruh Layanan Informasi terhadap Pemahaman Karir Siswa

Surya, Paramita (Unknown)
Handayani, Dwi Asih Kumala (Unknown)
Ahdiansyah, M Hafidz (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Memiliki pemahaman karir bagi siswa sangatlah penting karena dengan memiliki pemahaman karir, siswa dapat mempersiapkan diri dalam mengembangkan potensi atau bakat yang dimiliki, menentukan karir yang ingin dituju, serta membuat rencana berkarir dalam kehidupanya. Pemberian layanan informasi dengan topik tentang karir dapat membantu siswa memiliki pemahaman karir serta mengurangi tingkat pengangguran kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana pengaruh layanan inormasi terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII Mts Tajul Ulum. (2) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh layanan informasi karir terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII Mts Tajul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan konsep penelitian ex post facto. Dengan populasi berjumlah 208 siswa. Dalam penentuan sampel peneliti menggunakan tabel krejcie dengan teknik sampling Proporsional Random Sampling sehingga didapat sampel sabanyak 137. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner. Analisis data yang digunakan antara lain analisis deskritif persentase, analisis korelasi product moment, serta analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh antara layanan informasi terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII MTs Tajul Ulum Brabo dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,788 dengan nilai signifikasi 0,000 (0,000 < 0,05). (2) adanya pengaruh layanan informasi terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII MTs Tajul Ulum Brabo dengan koefisien determinan sebesar 0,621 (62%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...