BISMA Cendekia
Vol. 3 No. 1 (2022): BISMA Cendekia - September 2022

Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Suku Cadang di UD Fit Motor Medan

Tanaka, Frenky (Unknown)
Arwin, Arwin (Unknown)
Yuliana, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian suku cadang di UD Fit Motor Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskripstif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Data yang diperoleh dari wawancara terstruktur dilakukan melalui pengecekan validitas dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dimana sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Dalam pengambilan sampel, jumlah informan yang diwawancara berjumlah 5 (lima) orang konsumen dengan pertimbangan sudah melakukan pembelian berulang selama 6 (enam) bulan terakhir. Penelitian in menggunakan 2 (dua) jenis data yaitu data primer yang diperoleh dari informan, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Metode analisis data mencakup 3 (tiga) kegiatan yakni reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konsumen selalu mempertimbangkan harga sebelum melakukan pembelian dengan alasan kualitas produk ditentukan oleh harga dari suatu produk, konsumen selalu melihat produk terlebih dahulu secara langsung sebelum melakukan pembelian, konsumen memiliki lokasi yang dekat dengan lokasi usaha, konsumen membeli produk sesuai dengan kebutuhan mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian suku cadang di UD Fit Motor Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskripstif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Data yang diperoleh dari wawancara terstruktur dilakukan melalui pengecekan validitas dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dimana sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Dalam pengambilan sampel, jumlah informan yang diwawancara berjumlah 5 (lima) orang konsumen dengan pertimbangan sudah melakukan pembelian berulang selama 6 (enam) bulan terakhir. Penelitian in menggunakan 2 (dua) jenis data yaitu data primer yang diperoleh dari informan, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Metode analisis data mencakup 3 (tiga) kegiatan yakni reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konsumen selalu mempertimbangkan harga sebelum melakukan pembelian dengan alasan kualitas produk ditentukan oleh harga dari suatu produk, konsumen selalu melihat produk terlebih dahulu secara langsung sebelum melakukan pembelian, konsumen memiliki lokasi yang dekat dengan lokasi usaha, konsumen membeli produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope An objective of the BISMA Cendekia Journal is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The BISMA Cendekia is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of business ...