Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 5, No 2 (2022): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Reza Dea Fitaloka (Prodi Pendidikan Matematika, FTK, UIN Raden Intan Lampung)
Netriwati Netriwati (Prodi Pendidikan Matematika, FTK, UIN Raden Intan Lampung)
Abi Fadila (Prodi Pendidikan Matematika, FTK, UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2022

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMA  N 1 Negerikaton Pesawaran dikarenakan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan serta kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan metakognitif  dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model Pembelajaran dengan PBL saja pada kelas eksperimen 02 dan pembelajaran Direct Intruction pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan Quasy Eksperimental Design dengan Posttest Design. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 98 peserta didik kelas XI IPA. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas dengan teknik sampling pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 01, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 02 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (essay). Berdasarkan hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA menggunakan SPSS 22 didapat bahwa nilai Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root = 0.000 dan nilai α kriteria uji sehingga hipotesis  ditolak dan  diterima yang berarti terdapat pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan metakognitif  terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...