Manajemen waktu adalah kemampuan dalam mengatur waktu dimana mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, harus menetapkan tujuan dan prioritas utamanya dalam menjalankan suatu kegiatan sedangkan self-regulated learning adalah usaha yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dengan melakukan sebuah perencanaan secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen waktu dengan self-regulated learning pada mahasiswa yang bekerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 127 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 52 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu mahasiswa yang aktif dan terdaftar sebagai karyawan tetap disebuah perusahaan, mahasiswa yang awalnya kuliah kemudian bekerja, mahasiswa yang memiliki 8 jam pekerjaan. Instrumen penelitian ini menggunakan skala manajemen waktu dan self-regulated learning. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungn positif antara manajemen waktu dengan self-regulated learning pada mahasiswa yang bekerja dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan angka koefisien korelasi sebesar 0,519.
Copyrights © 2022