Pengembangan usaha kecil sebagai basis ekonomi kerakyatan merupakan salah satu langkah strategi yang perlu ditindak lanjuti dengan langkah nyata dan pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas strategi pengembangan produk pada masyarakat Desa Celawan. Dengan merumuskan strategi untuk mengembangkan produk menjadi nilai yang tinggi. Kemudian strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Program KKN ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan usaha rumah tangga terhadap pendapatan keluarga. permasalahan yang dihadapi usaha rumah tangga adalah kurangnya inovasi dan pemasaran produk dilakukan hanya berdasarkan kebiasaan saja, sehingga sering terjadi dimana penjual kalah bersaing dengan penjual yang lain dengan barang dagangan yang sama. Permasalahan lain adalah kurangnya modal untuk bahan baku produksi yang dihasilkan. Dengan demikian diharapkan industri kecil dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu pemilik usaha brownis ibu Dira di Desa Celawan. Hasil yang ingin dicapai yaitu usaha Brownis ini semakin banyak dikenal oleh masyarakat dan semakin berkembang.
Copyrights © 2021