KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 5 No 1 (2022): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Penguat Negatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Termokimia

intan (Unknown)
ratih permana sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Hasil belajar kimia siswa sangat dipengaruhi dengan suasana kelas serta penerapan modelpembelajaran yang interaktif. Kurangnya hasil belajar siswa kelas XI IA.2 Pada Materi Termokimia diSMA Negeri 2 Kejuruan Muda membuat banyak siswa sulit memahami konsep materi selanjutnya.Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi termokimiabagi siswa kelas XI IA.2 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang melaluipenerapan strategi pembelajaran Guided Discovery berbasis penguat negatif. Penelitian ini dilaksanakanpada Bulan Agustus sampai Oktober 2021. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA.2 yangterdiri dari 21 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Peneliti dilakukan sebanyak dua siklus denganhasil analisis tes dan non tes. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknikpengumpulan data melalui Triangulasi antara hasil data wawancara, observasi serta dokumentasi.Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung yang diperlukan dalam prosespembelajaran kimia. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasanhanya ada 9 siswa (25,7 %) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa (74,3 %)dan pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45,7%), dan siswayang belum mencapai ketuntasan sebanyak 19 siswa (54,3 %), sedangkan pada akhir siklus II, siswayang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa (65,7 %), dan siswa yang belum mencapaiketuntasan sebanyak 12 siswa (34,3 %). Nilai rata- rata kelas pada pra siklus adalah 52,3 sedangkannilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 55,7 dan nilai rata- rata kelas pada siklus II ini adalah 66,9.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...