Keterampilan berpikir kreatif siswa dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan, khususnya dalam pembelajaran pendidikan Kristen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas VII dalam pembelajaran pendidikan Kristen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta yang dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling. Hasil uji korelasi (r) sebesar 0,747 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara penerapan model pembelajaran PjBL dengan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII pada pembelajaran pendidikan Kristen. Hasil uji koefisien regresi menunjukkan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL yaitu sebesar 0,927 terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII pada pembelajaran pendidikan Kristen.
Copyrights © 2022