Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JUSHPEN)
Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNIG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PAK

Stemi Maquita (Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta)
Evi Tobeli (Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2022

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif siswa dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan, khususnya dalam pembelajaran pendidikan Kristen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas VII dalam pembelajaran pendidikan Kristen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta yang dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling. Hasil uji korelasi (r) sebesar 0,747 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara penerapan model pembelajaran PjBL dengan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII pada pembelajaran pendidikan Kristen. Hasil uji koefisien regresi menunjukkan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL yaitu sebesar 0,927 terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII pada pembelajaran pendidikan Kristen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUSHPEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review ...