Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JUSHPEN)
Vol. 1 No. 3 (2022): Desember : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MENGHADAPI KEGIATAN BELAJAR ONLINE DISAAT PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 17 KABUPATEN TANGERANG

Prasetyo Bonifasius (Universitas Gunadarma)
Putri Kania Salsabilla (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Dampak yang terjadi saat pandemi Covid-19 salah satunya pada aspek pendidikan yaitu mengharuskan menjalankan proses pembelajaran secara jarak jauh, yakni siswa belajar dan guru mengajar harus tetep berjalan meskipun peserta didik berada di rumah. Dampaknya akan menimbulkan tekanan fisik maupun psikis (mental). Menemukan Teknik Komunikasi Interpersonal untuk Guru dan Siswa untuk Digunakan Saat Menangani Kegiatan Pembelajaran Online disaat Pandemi Covid-19 Pada Kelas XI Di SMA Negeri 17 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru berhasil menerapkan kegiatan belajar pada siswa melalui komunikasi interpersonal. Dimana terdapat (komunikasi secara satu arah) saat adanya kerumitan seperti dalam menyampaikan materi pembelajaran, (komunikasi secara dua arah) dimana peran guru dan siswa melakukan diskusi, dialog multi arah perlu adanya hubungan yang dinamis proses pembelajaran untuk meningkatkan atau mengoptimalkan siswa agar aktif di lakukan dengan sikap (keterbukaan), guru secara terbuka berbicara kepada siswa, (empati) dimana guru ikut merasakan perasaan simpati kepada siswa, (sikap mendukung) dukungan di berikan guru yaitu berupa motivasi kepada siswa, (perasaan positif) tidak menilai buruk kepada siswa dan (kesetaraan) dengan ini guru memandang semua siswa sama tanpa membedakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUSHPEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review ...