Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JUSHPEN)
Vol. 1 No. 3 (2022): Desember : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

PENERAPAN SAINS DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN POHON ILMU SEBAGAI MEDIA DAN PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA

Nurchalis Mokoagow (Unknown)
Sri Amelia Thalib (Universitas Negeri Gorontalo)
Amaliya Ladju (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)
Rusmin Husain (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Rendahnya literasi sains di Indonesia memperlihatkan bahwa murid belum memahami konsep, proses, dan pengaplikasian pengetahuan sains dalam kehidupan. Hal tersebut dapat diatasi dengan penerapan alat peraga di dalam kegiatan pembelajaran (pohon Ilmu / literasi). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya kenaikan literasi sains murid dengan menerapkan media pohon Ilmu / literasi pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental.. Hasil dari uji statistik memperlihatkan ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Penelitian menyimpulkan literasi sains kelompok eksperimen dengan menerapkan media pohon Ilmu / literasi lebih unggul daripada literasi sains di kelompok kontrol dengan menerapkan media konvensional sehingga penerapan media pohon literasi ke dalam kegiatan pembelajaran dapat menaikkan literasi sains murid pada pelajaran IPA DiSekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUSHPEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review ...