Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 5 No 2 (2022): Sustainable

Strategi Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Problematika Penyandang Disabilitas

Nurullita Almunawaroh (Unknown)
Dahlia Fitri Ichsanti (Universitas Ahmad Dahlan)
Muhammad Zakariya Abdullah (Unknown)
Widyan Zulda Mahira (Unknown)
Difa`ul Husna (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu tempat tersalurnya semua proses pembelajaran, sistematika dalam belajar mengajar pada setiap lembaga pendidikan cukup peduli dalam memandang penyandang disabilitas terutama dalam pendidikan islam. Pendidikan islam tidak hanya mencangkup tentang keilmuan islam tapi juga mencangkup penyandang disabilitas. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa islam memberi keistimewaan pada beberapa ciptaan Allah SWT, islam mengajarkan bahwa kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan ciptaan-Nya. Artikel ini ditulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pendidikan Islam dalam mengatasi problematika yang terjadi pada penyandang disabilitas (tuna wicara) menurut prespektif pendidikan Islam. Pada realitanya penyandang disabilitas masih mendapat stigma negatif atau diskriminasi di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu, dengan mengumpulkan sumber dan informasi dari bacaan berupa buku atau pun artikel yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam sangat penting untuk mengatasi masalah-masalah yang berada dalam lingkup penyandang disabilitas (tuna wicara).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...