Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 4 No 1 (2021): Sustainable

Manajemen Pembelajaran Di Pesantren Dalam Meningkat Potensi Santri

Mulya Putra (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Yudi Suorastio (Universitas Isalam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Nur Azizatus Solikha (Universitas Isalam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Hasimi Jafar (Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Meningkatkan potensi santri bukanlah hal yang mudah akan tetapi dengan manajemen pembelajaran yang baik bisa mencitakan santri yang berkualitas. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisa data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, manajemen pembelajaran di pondok pesantren Modern Arafah dalam sistem perencanaannya mereka sudah memakai silabus atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren, tidak hanya memperbanyak ilmu agama, akan tetapi juga dalam hal membangkitkan bakat yang dimiliki oleh para santri. Potensi yang dimiliki oleh santri di pesantren Al-Fatah Kerinci dengan Pesantren Modern Arafah Sungai Penuh Hampir sama. Namun yang paling menonjol adalah pesantren Arafah lebih menekankan dalam penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pesantren Al-Fatah lebih banyak mempelajari kitab kuning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...