STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SDN ULU BENTENG 4 MARABAHAN

Irni Cahyani (STKIP PGRI Banjarmasin)
Rima (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Salah satu Sekolah Dasar yang menerapkan pendidikan inklusi di Kota Marabahan adalah SDN Ulu Benteng 4. Kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut untuk ABK dan anak regular di kelas inklusi masih dibuat sama oleh guru kelas. Di sekolah tersebut juga belum terdapat GPK yang mendampingi ABK di kelas inklusi dalam proses pembelajaran, sehingga perlakuan guru kelas dalam membimbing peserta didik ABK masih bersifat klasikal dan belum tertuju penuh kepada peserta didik khususnya ABK, disinilah tugas dan peran guru kelas dalam membimbing dan mengajarkan pelajaran kepada ABK, sehingga terdapat kendala saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran peserta didik anak berkebutuhan khusus (ABK) di SDN Ulu Benteng 4 Marabahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru kelas VI, dan guru PJOK di SDN Ulu Benteng 4 Marabahan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi dari segi ABKnya yaitu peserta didik ABKnya masih lambat belajar dan kurang fokus dalam menerima pelajaran, dari segi GPK, tidak adanya guru pembimbing khusus yang ada di kelas, dari segi kemampuan guru, guru belum menguasai proses pembelajaran ABK, dari sarana prasarana, tidak tersedianya sarana prasarana yang menunjang pendidikan inklusi di SDN Ulu Benteng 4 Marabahan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam proses belajar mengajar yang ada ABKnya yaitu dengan pendekatan individual, dengan memberikan motivasi dan pemahaman khusus untuk peserta didik ABK, menggunakan sarana dan prasarana yang ada, serta mengikutsertakan guru mengikuti pelatihan pembelajaran peserta didik ABK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

STI

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa ...