Journal of Social And Economics Research
Vol 2 No 2 (2020): JSER, December 2020

STUDI PERBANDINGAN HASIL PRAKTIKUM PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK NEGERI 1 TANJUNG RAYA

Oky Erlangga (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Arwizet K (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Purwantono (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran project based learningterhadap hasil belajarmata pelajaran Teknologi Mekanik kelas X Teknik Permesinan semester genap di SMK Negeri 1 Tanjung Raya Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini berpusat pada masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik dimana salah satu faktor penyebabnya adalah kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran oleh guru. Metode ini yaitu penelitian eksperimen.Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling.Kelas kontrol adalah X TM 1 menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen adalah X TM 2 menggunakan model pembelajaranprojectbased learning. Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar dianalisis untuk uji homogenitas dan uji hipotesis. Untuk mengetahui kesamaan rata-rata siswa dilakukan pre test nilai semester ganjil diambil sebagai pre test atau test awal. Setelah dilakukan uji homogenitas maka diperoleh hasil rata-rata pre test untuk kelas control mendapatkan hasil nilai rata-rata total sebesar 74 gabungan nilai pengetahuan dan keterampilan, sedangkan untuk kelas eksperimen mendapat hasil nilai rata-rata total sebesar 75 gabungan dari nilai pengetahuan dan keterampilan.Hasil penelitian kelas eksperimenmendapatkan nilai rata-rata 83, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (2,92> 1,684), karena thitung besar dari ttabel,maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Model pembelajaran project based learningmemberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar yaitu 7,7 % sebanyak 20 siswa memperoleh nilai di atas KKM (>75) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung hanya 12 siswa memperoleh nilai di atas KKM (>75). Disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learninglebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...