Proses belajar mengajar yang selama ini digunakan oleh Guru SMPN 2 Woja masih menggunakan metode ceramah (konversional) sehingga pada saat tanya jawab sebagian siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing bahkan sebagian besar relatif diam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 2 Woja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII SMPN 2 Woja. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan data t-test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, maka di peroleh hasil penelitian yaitu nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (8,505>2,064). Dengan db (N-1) = 24 dengan kata lain, menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 2 Woja.
Copyrights © 2022