Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2022): Februari

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP NEGERI 2 WOJA

Muhammad Syarifudin (Universitas Pendidikan Mandalika)
Herlina Herlina (Universitas Pendidikan Mandalika)
Restu Wibawa (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Proses belajar mengajar yang selama ini digunakan oleh Guru SMPN 2 Woja masih menggunakan metode ceramah (konversional) sehingga pada saat tanya jawab sebagian siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing bahkan sebagian besar relatif diam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 2 Woja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII SMPN 2 Woja. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan data t-test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, maka di peroleh hasil penelitian yaitu nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (8,505>2,064). Dengan db (N-1) = 24 dengan kata lain, menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 2 Woja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...