DIRASAT Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 2 (2022): July-December

Manajemen Kurikulum Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Merlina Merlina (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Achmad Ruslan Afendi (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Siti Nor Asiah (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Gusti Asiyani (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Hasnun Dahliana (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Livita Magfiratul Laili (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Untuk mewujudkan keberhasilan, setiap lembaga pendidikan memerlukan pengelolaan yang baik. Salah satunya adalah dengan membuat pengelolaan acuan pembelajaran (manajemen kurikulum), sehingga proses belajar dan mengajar di dalam lembaga pendidikan dapat berlangsung efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di PAUD Al-Qur’an Ar-Raudhah. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif yang melakukan pengamatan mendalam di PAUD Al-Qur’an Ar-Raudhah Kota Balikpapan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PAUD diawali dengan perencanaan kurikulum dimulai dari pertemuan yang dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik, pembuatan rencana kurikulum program tahunan dan semester serta rancangan kegiatan mingguan dan rancangan kegiatan sehari-hari; pelaksanaan kurikulum telah digunakan dalam kegiatan in-door dan out-door; evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala dan telah ditetapkan waktunya, setiap sebulan sekali orang tua peserta didik diajak berdiskusi dan musyawarah mengenai pembelajaran yang telah dilakukan selama satu bulan sebelumnya. Tulisan ini memberikan wawasan baru untuk implementasi manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini yang harus mengacu pada kurikulum nasional dengan tambahan materi keagamaan Islam dimana kita dapat turut serta dalam pembentukan karakter bagi peserta didik. To achieve success, every educational institution requires good management. One way is to make management of learning references (curriculum management), so that the learning and teaching process in educational institutions can take place effectively and efficiently. This study aims to describe the process of planning, implementing, and evaluating the implementation of curriculum management in PAUD (Early Childhood Education) Al-Qur’an Ar-Raudhah. This paper is qualitative research that conducts in-depth observations at PAUD Al-Qur'an Ar-Raudhah, Balikpapan City. The results obtained show that PAUD learning activities begin with curriculum planning starting from meetings attended by all teaching staff, making annual and semester program curriculum plans as well as designing weekly activities and designing daily activities; implementation of the curriculum has been used in in-door and out-door activities; curriculum evaluation is carried out periodically and has a set time, once a month the parents of students are invited to discuss and deliberation regarding the learning that has been carried out during the previous month.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dirasat

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Dir?s?t: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam (E-ISSN: 2527-6190; P-ISSN: 2503-3506) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar Manajemen Pendidikan ...