Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 9, No 3 (2022)

Analisis Penggunaan Bahasa pada Iklan TV terkait Pemberitaan COVID 19

Dwi Ranti Yoviana (The Education University of Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Artikel ini berfokus pada Analisis Multimodal dalam iklan. Iklan sebagai media untuk memberikan informasi dan juga mengajak khalayak untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur verbal dan unsur visual dalam iklan terkait berita Covid. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori linguistik fungsional sistemik oleh Halliday (1985, 2006), dan teori analisis bahasa visual oleh Kress dan van Leuween (2006). Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ditemukan dalam iklan terdapat verba dengan enam jenis proses transitivitas, yaitu material, mental, verbal, relasional, behavioral, dan eksistensial. Sedangkan dalam analisis elemen visual terdapat tiga elemen yaitu kontak, ukuran bingkai, dan sikap.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...