Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 9, No 1 (2022)

PENGARUH LITERASI BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN PESERTA DIDIK PADA BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Ari Putra Pratama (Universitas Pendidikan Indonesia)
Enok Maryani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Darsiharjo Darsiharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

ABSTRAK Kebakaran hutan dan lahan terjadi setiap tahun di Provinsi Sumatera Selatan, termasuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang memiliki lahan gambut terluas. Salah satu cara untuk meminimalkan dampak bencana adalah dengan meningkatkan keterampilan literasi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi bencana siswa, pengaruh pembelajaran literasi bencana dan geografi terhadap kesiapsiagaan bencana kebakaran hutan dan lahan. Metode yang digunakan adalah survei. Jumlah sampel yang diteliti adalah 234 siswa kelas 11 dan 12 SMA di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Temuan menunjukkan tingkat literasi bencana siswa secara umum dapat dikategorikan tinggi di setiap zona rawan kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, terdapat pengaruh mata pelajaran literasi bencana dan geografi pada materi mitigasi bencana terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana walaupun pengaruhnya cukup kecil. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar pengambil kebijakan melaksanakan simulasi dan seminar kebencanaan secara konsisten, serta memperdalam materi tentang mitigasi bencana dalam kurikulum sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...