JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 2 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 2 Agustus

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP

Ajeng Chairunnissa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nurul Anriani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan STEM pada materi statistika. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sedangkan  subjek untuk penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kragilan sebanyak enam orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk indikator kemampuan berpikir kreatif yang diukur ada empat yaitu kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), kebaruan (Novelty) dan kerincian(Elaboration). Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi sudah mampu menunjukkan indikator kelancaran (Fluency), kebaruan (Novelty), dan kerincian (Elaboration), namun belum mampu menunjukkan indikator keluwesan (Flexibility). Sedangkan untuk siswa dengan kemampuan sedang dan rendah hanya mampu menunjukkan indikator kelancaran (Fluency) dan tidak mampu menunjukkan indikator kebaruan (Novelty), kerincian (Elaboration), maupun keluwesan (Flexibility). Dan indikator kelancaran (Fluency) menjadi indikator yang paling dominan.Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan STEM, Statistika SMP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...