Al Tarbawi Al Haditsah
Vol 7, No 2 (2022): Pendidikan Agama Islam

STRATEGI PEMBELAJARAN AL ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BANDAR LAMPUNG

Isma Nurun Najah (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Covid-19 first appeared in Indonesia in March 2020 which had a wide impact on all sectors of life, including education. Adaptation and innovation are necessary to face the conditions of the new learning model, namely distance learning. In dealing with this, educational institutions are required to provide solutive learning strategies, in accordance with existing conditions, as well as SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This study aims to analyze  Al-Islam learning strategy during pandemic at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This research focuses on three problems, namely: 1)Learning organization strategy, 2)Learning delivery strategy, 3)Learning management strategy. The research method used in this study is to use qualitative research methods and the type of research uses descriptive qualitative, for data collection using observation, documentation and interviews, while in analyzing the data using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study are 1) Al-Islam learning organization strategy, namely through ISMUBA guidelines which are implemented into lesson plans by learning through RubelMu. 2) Learning delivery strategy content through the use of RubelMu media which is designed in such a way by Muhammadiyah during online learning due to covid-19 which is proven to be structured, effective and efficient. 3) Learning management strategies are through scheduling the making of videos according to the learning material, providing learning notes through the concept of daily grades and student test scores, managing motivation through conveying the urgency of understanding the material, and controlling student learning through giving assignments to be do at home.Keywords: Learning Strategy, Covid-19, RubelMuCovid-19 pertama kali muncul di Indonesia pada maret 2020 yang berdampak luas bagi semua sektor kehidupan, tak terkecuali  pendidikan. Adaptasi dan inovasi mutlak diperlukan untuk menghadapi kondisi pembelajaran model baru, yaitu pembelajaran jarak jauh. Dalam menghadapi situasi ini, lembaga pendidikan diharuskan memberikan strategi pembelajaran yang solutif, atas keadaan yang ada, begitupun dengan SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran Al Islam pada masa pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah 1 Kota Bandar Lampung. Penilitian ini berfokus pada tiga masalah, yaitu: 1) strategi pengorganisasian pembelajaran, 2) strategi penyampaian isi pembelajaran, 3) strategi pengelolaan pembelajaran Al Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, untuk pengumpulan data nya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan dalam menganalisis data nya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya yaitu 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran Al Islam yaitu melalui pedoman ISMUBA yang diimplementasikan ke dalam RPP dengan pembelajaran melalui RubelMu. 2) Strategi penyampaian isi pembelajaran Al Islam yaitu melalui pemanfaatan media RubelMu yang didisain sedemikian rupa oleh Muhammadiyah ketika pembelajaran daring karena covid-19 yang terbukti terstruktur, efektif dan efisien. 3) Strategi pengelolaan pembelajaran Al Islam yaitu melalui penjadwalan pembuatan video sesuai dengan materi pembelajaran, pemberian catatan belajar melalui konsep nilai harian siswa dan nilai ujian, pengelolaan motivasional melalui penyampaian urgensi memahami materi, dan kontrol belajar siswa melalui pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Covid-19, RubelMu 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. fokus ...