JIEM (Journal of Islamic Education Management)
Vol 6, No 2 (2022): Manajemen Pendidikan Islam

Impelentasi Manajemen Kurikulum Madrasah sebagai Upaya Perbaikan Karakter Peserta Didik di MI Hidayatul Mubtadiin Kapetakan Cirebon

wahyono, wahyono (IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)
Khotimah, Husnul (IAI Cirebon)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya perbaikan karakter peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin ditinjau dari Manajemen kurikulum. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum madrasah dan keberhasilannya dalam memperbaiki karakter peserta didik.  Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Metode kualitatif digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (observasi, wawancara, dokumentasi), dan hasil penelitian kualitatif bersifat memahami makna, keunikan, mengkontruksi fenomena. Hasil dari penelitian ini adalah upaya madrasah ibtidaiyah dalam memperbaiki karakter peserta didik dengan pemberlakuaan kurikulum madrasah mampu memberikan perubahan karakter peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Journal of Islamic Education Management (JIEM) merupakan merupakan jurnal yang memuat tulisan, hasil penelitian, pengembangan, kajian atau telaah keilmuan manajemen pendidikan Islam. Isi jurnal memuat pandangan kritis, berpikir komprehensif dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap ...