Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana antusias anak usia (2-4) tahun mengenai pembelajaran iqra’. strategi apa yang digunakan guru dalam mengajarkan pembelajaran iqra’ serta apa saja kendala dalam pembelajaran iqra’. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa antusias anak dalam pembelajaran Iqra’ tergantung dari bagaimana cara guru memberikan pembelajaran, yakni dengan melakukan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa mudah jenuh dengan apa yang sedang dilakukannya. Strategi yang digunakan oleh guru yang ada di Shakif Daycare dengan cara mengingat apa yang biasanya peserta didik ingat, hampir sama dengan strategi Mnemonic, yang mana strategi ini memberi bantuan memori untuk mengingat suatu informasi yang diterima. Kendala yang dihadapi di Shakif Daycare ini ada banyak sekali, terlebih lagi masing-masing anak memiliki karakteristik yang berbeda sesuai dengan tingkat usianya. Pendidik pun memiliki cara dalam mengatasinya, yakni dengan mengambil tindakan bahwa anak bebas memilih apa yang diinginkannya, sehingga peran guru sangatlah penting dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Copyrights © 2022