Tumbuh Kembang
Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022

KOLABORASI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR PAUD MENGGUNAKAN METODE FLIPPED CLASSROOM

Tesya Cahyani Kusuma (Universitas Adzkia)
Roza Dahlia (Universitas Adzkia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa dalam berkolaborasi untuk memecahkan suatu pertanyaan, tidak terlibat aktif dalam kelompok untuk menyajikan materi yang didapatkan, dan belum maksimal mengungkapkan pendapat saat berdiskusi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kolaborasi mahasiswa pada pembelajaran konsep dasar PAUD menggunakan metode flipped classroom.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari II siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2022/2023, yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa PG-PAUD Universitas Adzkia. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan tujuan penelitian maka analisis data penelitian ini adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator berkolaborasi dalam memecahkan suatu pertanyaan dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebesar (81,25%). Indikator berkolaborasi dalam kelompok untuk menyajikan materi yang didapatkan secara mandiri (83,3%)  dan indikator mengungkapkan pendapat dalam berkelompok pada saat berdiskusi (85,41%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tumbuhkembang

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak ...