Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 4, No 2 (2022): Peqguruang, Volume 4, No.2, November 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 3 TANDUKKALUA’

Darmalinda, Darmalinda (Unknown)
Fatimah, Fatimah (Unknown)
Febryanti, Febryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Penentuan sampel secara acak, berdasarkan tehnik tersebut diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan satatistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII B  yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Tes akhir (postest) memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas A yang diajar tanpa menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yaitu 83,92> 50,00. Berdasarkan hasil observasi kelas VII A (kontrol)  dan VII B (eksperimen) pada pertemuan pertama aspek yang terlaksana yaitu 7 dengan persentase 70%, pada pertemuan kedua aspek yang terlaksana yaitu 8 dengan persentase 80%, dan pada pertemuan ketiga semua aspek terlaksana yaitu 10 dengan persentase 100%.

Copyrights © 2022