Penelitian ini penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Tandukkalua’. Penentuan sampel secara acak, berdasarkan tehnik tersebut diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan satatistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII B yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Tes akhir (postest) memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas A yang diajar tanpa menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yaitu 83,92> 50,00. Berdasarkan hasil observasi kelas VII A (kontrol) dan VII B (eksperimen) pada pertemuan pertama aspek yang terlaksana yaitu 7 dengan persentase 70%, pada pertemuan kedua aspek yang terlaksana yaitu 8 dengan persentase 80%, dan pada pertemuan ketiga semua aspek terlaksana yaitu 10 dengan persentase 100%.
Copyrights © 2022