Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 4, No 2 (2022): Peqguruang, Volume 4, No.2, November 2022

EFEKTIVITAS MODEL CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sutriani, Endang (Unknown)
Sahabuddin, Chuduriah (Unknown)
Ali P., Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Contextual Teaching and Learning dengan metode Predict Observe Explain terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Ma’Arif Husnul Khatimah dan sampelnya adalah kelas XI Tata Busana sebagai kelas eksperimen dan kelas XI ADP sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru dan respon siswa. Untuk pengolahan data yang terkumpul digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 80,9 sedangkan nilai rata-rata posstest kelas kontrol sebesar 76,48. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,402 dan ttabel sebesar 2,00 berarti thitung > ttabel yaitu 2,402 > 2,00. Selanjutnya dari signifikan 0,019 untuk ( = 0,05 terlihat bahwa sig < 0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning dengan metode Predict Observe Explain berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Ma’Arif Husnul Khatimah.

Copyrights © 2022