Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa di UPT SMAN 19 Gowa yang belum maksimal dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap siswa pada UPT SMAN 19 Gowa dibawah naungan Cabang Dinas Wilayah II Makassar-Gowa dengan sampel sebanyak 161 responden. Adapun teknik analisis data yang dipakai yaitu analisis jalur dengan bantuan program SPSS Vers. 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode Ceramah Plus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di UPT SMAN 19 Gowa, (2) Peran Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di UPT SMAN 19 Gowa, (3) Metode Ceramah Plus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di UPT SMAN 19 Gowa, (4) Peran Orang Tua berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 19 Gowa, (5) Kualitas Proses Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di UPT SMAN 19 Gowa, (6) Metode Ceramah Plus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran di UPT SMAN 19 Gowa, (7) Peran Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran di UPT SMAN 19 Gowa.
Copyrights © 2022