Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD Negeri 4 Srobyong tahun pelajaran 2022/2023 pada tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Srobyong yang terdiri dari 18 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas III pra siklus sebesar 68,3, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 74,4, kemudian meningkat menjadi 78,3 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 84,4 pada siklus III. Persentase jumlah siswa tuntas KKM mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada pra siklus persentase siswa tuntas KKM sebesar 44%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 61%, kemudian meningkat menjadi 72% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 89% pada siklus III. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD Negeri 4 Srobyong Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.Â
Copyrights © 2022