MALIH PEDDAS
Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU PPT INTERAKTIF DI KELAS III SDN 3 BAWU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mulya, Intan Nur Fatikha (Unknown)
Artharina, Filia Prima (Unknown)
Miyarti, Miyarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

HHasil belajar siswa kelas III SDN 3 Bawu pada pra siklus yaitu 20 peserta didik mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 67,5. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan model Problem Based Learning berbantu media Interaktif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dalam 3 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian tindakan  kelas pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup SDN 3 Bawu Jepara dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu PPT Interaktif dapat  meningkatkan hasil belajar kognitif pada pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup SDN 3 Bawu Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami kenaikan yang signifikan yaitu pada siklus I adalah 65%, siklus II 80% dan naik menjadi 85% di siklus III dengan KKM 70 pada semua siklus.

Copyrights © 2022