Majalah Lontar
Vol 34, No 2 (2022): Majalah Lontar

Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Melalui Media Aplikasi Comic Strip di Kelas X-IPS-3 SMA Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2021/2022

Atiek Indriyastuti (SMA Negeri 7 Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan siswa dalam menulis dialog di Kelas X-IPS-3 SMA Negeri 7 Semarang semester 1 Tahun Pelajaran 2021-2022 sebagai hasil penggunaan Media Aplikasi Comic Strip. Penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan menulis dan sikap belajar siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik siklus yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk data kuantitatif berupa tes menulis dan data kualitatif digunakan lembar observasi atau pengamatan, lembar refleksi diri, lembar penilaian antar teman, dan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan media aplikasi comic strip dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog. Ketuntasan Belajar mengalami peningkatan dari kondisi awal 28,13% menjadi 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,38% pada siklus II. Peningkatan keterampilan siswa dalam menulis dialog pada siklus I mencapai 5,31% dari rata-rata hasil belajar pada pra siklus dan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,40% dari rata-rata hasil belajar pada siklus I.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...