J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 3 (2022): OKTOBER

PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH

Ayu Wahyuni (Universitas Galuh)
Romdah Romansyah (Universitas Galuh)
Endang Hardi (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Pembelajaran sains pada abad ke-21 dituntut untuk mempersiapkan siswa dengan berbagai keterampilan dan kecakapan seperti berpikir kreatif, inovatif, kritis, pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, Information and Communication Technology (ICT) Literacy. Pada pembelajaran sains, hakekatnya harus senantiasa mengarahkan siswa untuk mengembangkan dan mentransformasikan pengetahuan yang dimiliki serta mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari guna melatih siswa berpikir kritis termasuk dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning berbasis Blended Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Pre-Exsperiment dan desain penelitiannya One Group Pretest-posttest Design. Penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIPA di MA PK Yaba Al-Maarif yang berjumlah 41 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan memecahkan masalah berupa soal uraian sebanyak delapan soal. Analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 2,5 >1,65 dengan taraf signifikansi ɑ 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X MIPA di MA PK Yaba Al-Ma’arif Sub Materi Pencemaran Lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...