Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 3, No 2 (2022): JP-IPA: Nov 2022

Penggunaan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Materi Listrik Statis Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Inquiri dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 12 Kendari

Rusnawati, Rusnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran atau data empiris dan  mendeskripsikan Aktivitas  belajar IPA, keterampilan inquiri, dan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IX.9SMP Negeri 12 Kendari pada materi pokok listrik statis yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran POE. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX.9 SMP Negeri 12 Kendari dengan jumlah 38 siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar  dan  aktivitas siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa:  1) Aktivitas siswa pada setiap siklus cenderung meningkat, 2) Keterampilan inquiri siswa pada setiap siklus cenderung membaik dan meningkat. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan skor rata-rata keterampilan  inquiri siswa pada siklus I ke siklus II, 3) Hasil belajar IPA kelas IX.9 SMP Negeri 12 Kendari setelah  diajar dengan  menggunakan model pembelajaran  POE  IX.9 pada pokok Listrik Statis mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukan oleh persentase ketuntasan hasil belajar IPA pada siklus I secara klasikal sebesar 55,3% dan pada siklus II sebesar 84,2% dan  secara individu dengan  nilai rata-rata  hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 63,68 dan pada siklus II sebesar 80,32.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...