JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 10, No 1 (2022): June 2022

Penerapan Pembelajaran Matematika Model Creative Problem Solving berbantuan Whatshapp berbasis Lesson Study

Sucipto Sucipto (SMAN 1 Pesanggaran, Banyuwangi, Indonesia)
Hobri Hobri (Universitas Jember)
Endang Wahyuningrum (Universitas Terbuka Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

 Penelitian Quasi Eksperiment ini dilakukan di SMAN 1 Pesanggaran bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika model Creative Problem Solving berbantuan WhatsApp berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi penelitian peserta didik kelas X MIPA dibagi menjadi kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Hasil penelitian menyatakan frekuensi chatting, aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik baik sebesar 80,3%, sedangkan hubungan frekuensi chatting, aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan persamaan regresi . diperoleh thitung = 5,456 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari a(5%), dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 78,04 lebih baik dari kelompok kontrol yang sebesar 60,47. Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok atas, tengah dan bawah dilihat dari nilai Fhitung = 15,882 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari a(5%) dan hasil uji lanjut dengan metode Scheffe nilai signifikansi antar kelompok antara 0,000 sampai dengan 0,017 yang lebih kecil dari a(5%). 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...