Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG TENTANG TOLERANSI ANTAR AGAMA DI LINGKUNGAN PERKULIAHAN SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENAFSIRAN AL-QUR’AN SURAH AL-KAFIRUN

LUTHFIYATUR ROHMAH LUTHFIYAH (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Tajudin Noor (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abdul Kosim (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Persepsi mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang tentang toleransi antar agama di lingkungan perkuliahan dan relevansinya dengan penafsiran Al-Qur’an Surah Al-Kafirun dilakukan dengan meninjau keberagaman agama yang ada di lingkungan kampus khususnya Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan hasil kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mengenai persepsi mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang tentang toleransi antar agama, mahasiswa cukup memahami dan memiliki sikap toleransi beragama. Hal ini dilihat dari jawaban-jawaban kuisioner yang sesuai dengan pernyataan yang diberikan. Bahwa dalam lingkungan perkuliahan sangatlah penting memiliki sikap toleransi beragama, mengingat di lingkungan perkuliahan mahasiswa yang ada di kampus bukan hanya dari satu agama saja melainkan beragam baik agama, suku, maupun ras dan budayanya. 2) relevansinya dengan penafsiran Al-Qur’an QS. Al-Kafirun sangatlah sesuai. QS. Al-Kafirun menjelaskan tentang toleransi beragama. Surah ini menunjukkan perbedaan ibadah umat muslim dari umat lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...