Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia
Vol 3, No 2 (2022): September

Consumer Fanaticism dalam Mendefinisikan Diri: Studi pada Budaya Konsumsi ARMY atas Merchandise BTS

Fadia Aqilla Haya (Universitas Brawijaya)
Fariza Yuniar Rakhmawati (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Baru-baru ini, BTS memperoleh sorotan dari media global sebagai music influencer. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari kontribusi penggemarnya (ARMY) yang berdedikasi. Bentuk dukungan yang disampaikan oleh ARMY bermacam-macam, mulai dari aktivitas streaming hingga pembelian merchandise. Fenomena pembelian merchandise tersebut ditengarai sebagai bentuk consumer fanaticism. Penelitian ini berfokus untuk melihat bagaimana consumer fanaticism dimaknai dalam diri informan sebagai bagian dari ARMY. Metode yang digunakan yaitu fenomenologi melalui wawancara mendalam dengan 4 penggemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk consumer fanaticism dimaknai penggemar melalui 3 cara: antusiasme terhadap BTS, keberagaman interaksi ARMY, dan fanatisme atas merchandise BTS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmki

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia (JMKI) published by the Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Gadjah Mada. JMKI is dedicated to publish and disseminate research, studies, theories, and phenomena in communication science. The scope of the ...