This study aimed to improve the activity and study result through the implementation of cooperative script model. This type of research was a classroom action research (PTK) that are performed in 2 cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected by using observation and written tests. Data analysis techniques were qualitative and quantitative data analysis. The results showed that the application cooperative script model can increase the activity and study result.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata kunci: aktivitas, cooperative script, hasil belajar.
Copyrights © 2014