Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 1 No. 8 (2022): Jurnal Impresi Indonesia

Pengalaman Kemampuan Konsep Siswa terhadap Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual

Lia Amalia (Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur)
Makmuri Makmuri (Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur)
Lukman El Hakim (Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual sangat berdampak pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pemahaman konsep matematis sangat penting bagi siswa, dan guru harus melatih dan menanganinya dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konsep matematis siswa dan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual di 11 SMK Swasta sekecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Para ahli memvalidasi instrumen penelitian berupa angket yang diperbaharui. Statistik deskriptif digunakan untuk mengevaluasi hasil yakni dalam bentuk persentase. Hasil temuan mengungkap bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual masih jarang digunakan, dan kemampuan konsep matematis siswa masih kurang dan perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...