Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia
Vol. 1 No. 4 (2022): SEPTEMBER

Problematika Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar

Musbaing (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui problematika pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Inpres Bakung 2 Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bakung 2 Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SD Inpres Bakung 2 Kota Makassar, adapun sumber data terdiri dari informan utama dan informan pendukung. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, conclusion daring/verification. Untuk uji keabsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring pada pembelajaran tematik yaitu kurangnya pemahaman guru tentang inovasi pembelajaran daring dan kurang kreatifnya seorang guru menyediakan media yang mampu menarik dan membangkitkan motivasi belajar siswa. Selama pembelajaran daring berlangsung guru hanya menggunakan whatsapp group dengan mengirim foto tugas terkait materi yang dipelajari. Adapun upaya untuk mengatasi problematika ini guru harus mempunyai kesadaran untuk menyediakan media yang menarik, dan menciptakan strategi kelas yang aktif, inovasi, kreatif dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

judikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian yang orisinil dan memuat isu-isu terkini di bidang pendidikan dasar dengan kualitas terbaik yang meliputi Manajemen pendidikan, Strategi dan Inovasi Pembelajaran, Alat dan ...