Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui problematika pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Inpres Bakung 2 Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bakung 2 Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SD Inpres Bakung 2 Kota Makassar, adapun sumber data terdiri dari informan utama dan informan pendukung. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, conclusion daring/verification. Untuk uji keabsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring pada pembelajaran tematik yaitu kurangnya pemahaman guru tentang inovasi pembelajaran daring dan kurang kreatifnya seorang guru menyediakan media yang mampu menarik dan membangkitkan motivasi belajar siswa. Selama pembelajaran daring berlangsung guru hanya menggunakan whatsapp group dengan mengirim foto tugas terkait materi yang dipelajari. Adapun upaya untuk mengatasi problematika ini guru harus mempunyai kesadaran untuk menyediakan media yang menarik, dan menciptakan strategi kelas yang aktif, inovasi, kreatif dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022