Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 4 No. 2 (2023): APRIL-JUNI (JMCH)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD Labuang Baji Makassar

Nurul Alrahmi (Unknown)
Batara, Andi Surahman (Unknown)
Andi Rizki Amelia (Unknown)
Masriadi, Masriadi (Unknown)
Muhammad Ikhtiar (Unknown)
Ahri, Reza Aril (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Latar belakang: Perbaikan kualitas jasa pelayanan kesehatan dapat dimulai dengan mengevaluasi setiap unsur unsur yang berperan dalam membentuk kepuasan pasien melalui indicator kualitas pelayanan yang meliputi; attitude, accessibility, realibility, servise recovery dan serviscape. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap Loyalitas melalui kepuasan pada pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji Makassar tahun 2022. Metode: Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi penelitian adalah pasien yang telah melalui prosedur pelayanan di RSUD Labuang Baji Makassar dalam hal ini pasien rawat inap (Ruang Perawatan Kelas I. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive secara non random sampling yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji Regresi linear berganda dan path analysis. Hasil: Penelitian ini menunjukan sebagian besar berumur 35-44 tahun (32,7%), pendidikan terakhir SMA (40,4%), perkerjaan wiraswasta (25%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel attitude, service recovery dan serviscape berpengaruh terhadap kepuasan sedangkan accessibility dan reliability tidak berpengaruh terhadap kepuasan. Variabel accessibility, service recovery, serviscape dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas sedangkan attitude dan reliability tidak berpengaruh terhadap loyalitas. Ada pengaruh attitude terhadap loyalitas melalui kepuasan sedangkan tidak ada pengaruh accessibility, reliability, service recovery dan serviscape terhadap loyalitas melalui kepuasan. Kesimpulan: Diharapkan agar pihak Rumah Sakit terus berusaha untuk dapat memperbaiki pelayanan kepada pasien sehingga memmberikan kepuasan dan juga dapat meningkatkan minat loyalitas pasien dengan pengelolahan administrasi dan menajemen rumah sakit yang lebih baik lagi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...