Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 10, No 2 (2021)

TEORI KOGNITIF DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Shokhibul Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Belajar menurut teori kognitif pada dasarnya adalah peristiwa mental, suatu proses usaha yang melibatkan aktifitas mental sebagai akibat dari proses interaksi aktif dengan lingkungannya untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman, tingkah laku, keterampilan nilai sikap. Berbagai teori belajar berdasarkan aliran kognitif ini diantaranya adalah teori pemrosesan informasi, teori perkembangan Piaget, teori penemuan Bruner, teori belajar bermakna ausubel. Karena teori kognitif mendukung keterlibatan aktif pelajar, penetapan tujuan, perencanaan, dan pemantauan diri adalah strategi yang harus didorong. Pendidik harus merencanakan cara bagi peserta didik untuk menerima umpan balik yang cepat atas upaya mereka sehingga peserta didik dapat lebih efektif merencanakan ke depan untuk situasi belajar di masa depan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...