Pemahaman memiliki peran yang penting untuk mengintegrasikan dan penguatan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja) pada peserta didik, karena pemahaman merupakan proses tertanamnya nilai dalam diri peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya peranan yang kuat antara pendidik dan peserta didik untuk besama-sama memajukan penguatan amaliyah aswaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Rencana pembelajaran Aswaja; 2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja; 3) Evaluasi pembelajaran Aswaja; dan 4) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan amaliyah di MA Al Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek yang diteliti adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran aswaja, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan amaliyah siswa terdiri dari perencanaan pembelajaran Aswaja, pelaksanaan pembelajaran Aswaja, evaluasi pembelajaran Aswaja. Metode dan strategi yang digunakan dalam proses pembeajaran menggunakan metode ceramah, sorogan dan Tanya jawab. Faktor yang pendukung dan penghambat yang terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor intern yang berasal dari diri siswa itu sendiri dan ekstern yang berasal dari luar siswa contohnya budaya sekolah, lingkungan, warga sekolah maupun yang lainnya.
Copyrights © 2022