MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 9 No 2 (2022): Juni

Implementasi Merdeka Belajar pada Pendidikan Agama Islam di SMK Mandala Bhakti Surakarta

Kharisma Dhila Rosadi (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)
Mujiburrahman Mujiburrahman (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)
Iffah Mukhlisah (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Mandala Bhakti Surakarta. Teknik pengumpulan data yan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Sumber data yang diperoleh merupakan sumber data primer dan sekunder. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam sangat terfokus pada minat dan bakat siswa. Guru PAI menerapkan metode Pembelajaran berdiferensiasi untuk mencapai merdeka belajar. Metode ini sangat mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam segala bidang dan mampu menjadikan siswa merdeka dalam belajar untuk memilih minat yang akan dicapainya. Tugas guru adalah memberikan fasilitas berupa ilmu yang mampu memberikan bekal siswa untuk kedepannya.

Copyrights © 2022