Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi
Vol. 7 No. 2 (2022): September

Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun 2022

Lilis Suparti (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Pranichayudha Rohsulina (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Ary Wijayanti (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
MS. Khabibur Rahman (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2022

Abstract

Masa pandemi covid 19 pemerintah Indonesia membuat kebijakan sesuai edaran Kemdikbud Nomor 4 Tahun 2020 bahwa pembelajaran selama pandemi dilakukan secara daring(online). Guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dan cenderung fokus dalam penuntasan kurikulum dikarenkan kesulitan dalam mengelola pembelajaran. Pelaksanaan masa new normal berdampak pada dunia pendidikan, Pembelajaran harus tetap berlangsung dengan baik meskipun dilakukan pada masa new normal, sehingga pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tawangsari. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal dalam pelaksanaan pembelajaran komponen -komponen yang ada pada tiap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup sudah terlaksana, adanya pembelajaran pada masa new normal hasil prestasi peserta didik meningkat.

Copyrights © 2022