JURMADIKTA
Vol 1 No 1 (2021): JURMADIKTA

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMPN 26 BANJARMASIN

Dewi Rara Ayu Rani (Unknown)
Iskandar Zulkarnain (Unknown)
Elli Kusumawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran langsung, serta mengetahui apakah terdapat perbedaaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dan sampel penelitian terdiri atas 2 kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sebanyak 81 siswa. Berdasarkan uji t diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang belajar tidak model tersebut, serta terdapat perbedaan yang signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurmadikta

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Mathematics Other

Description

JURMADIKTA adalah Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA didirikan pada tahun 2018 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA merupakan ...